Cara Membuat Paspor Sesuai Prosedurnya

Paspor merupakan salah satu dokumen yang wajib anda bawa untuk berpergian keluar negeri. Jika anda tidak membawa barang ini saat melalui bandara maka tidak akan diperbolehkan. Terlebih untuk anda yang belum memiliki paspor maka jangan harap bisa pergi ke luar negeri. Persyaratan untuk dapat pergi keluar negeri yaitu membawa paspor sesuai dengan data dirinya. Cara mengurus paspor sendiri sangatlah mudah. Jangan khawatir, dalam artikel ini sinagaseo membahas lengkap cara membuat paspor.

cara membuat paspor

Saat ini, membuat paspor sendiri sudah jauh lebih mudah dari yang sebelumnya. Semua syarat dan proses yang berlaku dapat anda kerjakan jauh lebih mudah. Paspor wajib untuk anda miliki sebelum berpergian. Dokumen yang satu ini juga harus dibuat sesuai pada keperluan dan data diri anda. Untuk membuat paspor terdapat pula syarat utamanya. Biaya pembuatan paspor baru sangat terjangkau. Tertarik untuk mulai membuatnya? Berikut sinagaseo sampaikan dibawah ini mengenai cara membuat paspor yang benar.

Cara Membuat Paspor Dengan Mudah

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu anda lalui sebelum menuju dalam tahapan pembuatan paspor. Berikut syarat pembuatan paspor 2018.

1. Syarat pembuatan paspor

Beberapa syarat harus anda penuhi sebelum melakukan pengajuan untuk pembuatan paspor dengan benar.

  • Foto kopi Akte kelahiran
  • Foto Kopi Kartu Keluarga
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk
  • Formulir permohonan pengajuan paspor
  • Buku nikah orang tua
  • Materai

2. Prosedur pembuatan paspor

Setelah semua syarat terpenuhi, berikutnya anda perlu melakukan pengajuan paspor. Berikut prosedur lebih lengkapnya.

Prosedur pembuatan paspor

a. Menuju kantor imigrasi

Seperti yang anda ketahui, dalam pengajuan paspor ini harus dilakukan pada kantor imigrasi. Kunjungi terlebih dahulu kantor imigrasi terdekat di kota anda. Pastikan bahwa anda datang pada waktu jam kerja. Disarankan untuk datang pada pukul kurang dari 10.00 untuk mengambil antrian. Karena setiap harinya, hanya terdapat kurang lebih 200 orang pemohon saja.

b. Menuju loker permohonan

Berikutnya, anda perlu menuju pada loker permohonan pengajuan paspor yang tersedia. Isikan semua data diri anda sesuai pada kartu tanda penduduk masing masing. Pada formulir terdapat beberapa data yang harus diisi mulai dari nama, tempat lahir sampai dengan status anda.

c. Loker pembuatan paspor

Pastikan semua formulir sudah diseslesaikan dengan baik, maka lanjut ke loker permohonan. Pada loker ini anda perlu melakukan verifikasi data menggunakan syarat yang telah dibawa. Pastikan untuk membawa semua syarat dan isikan data yang sesuai pada data diri anda.

d. Pengambilan sidik jari dan foto

Berikutnya, tahapan ini mengharuskan anda untuk diambil foto serta sidik jarinya. Pastikan untuk menggunakan kemeja yang baik serta tidak sedang sakit. Foto ini digunakan untuk paspor yang baru. Jadi, pastikan posisi foto yang dihasilkan harus baik. Sidik jari yang diberikan juga harus sesuai karena digunakan untuk kelengkapan paspor anda.

e. Pembayaran

Semua proses sudah dilalui, selanjutnya anda harus melakukan pembayaran paspor yang akan dibuat. Biaya membuat paspor sendiri cukup terjangkau. Setelah melakukan pembayaran, anda akan diberikan informasi mengenai tanggal paspor jadi. Untuk itu, sebaiknya sabar untuk menunggu paspor yang akan dibuat. Jika sudah terlewat pada waktunya, maka anda dapat bertanya melalui customer service.

Ternyata, cara membuat paspor sendiri sangatlah mudah. Selalu perhatikan semua syarat dan prosedur untuk membuatnya. Selamat mencoba !

0 Response to "Cara Membuat Paspor Sesuai Prosedurnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel