Cara Membuat KTP Dengan Sangat Mudah

cara membuat ktp

Kartu Tanda Penduduk merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia. KTP wajib dimiliki oleh anda yang sudah berumur lebih dari 17 tahun. Semua orang wajib membuatnya untuk didata oleh negara sebagai masyarakat yang sah. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana cara membuat ktp elektronik. Jangan khawatir, sinagaseo akan membahas dengan lengkap cara membuat KTP terbaru.

Dokumen berupa KTP sangat diperlukan dalam semua hal. Berbagai macam kebutuhan sudah pasti membutuhkan KTP. Mulai dari alat identifikasi identitas, pengunaan syarat pemilu, pengajuan peminjaman uang, BPJS sampai dengan membayar pajak semuanya membutuhkan KTP. Cara membuat ktp umur 17 tahun sendiri sangatlah mudah. Berikut akan kami sampaikan hanya untuk anda mengenai cara membuat KTP dengan benar.

Syarat Dan Cara Membuat KTP Terbaru

Terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah KTP. Berikut lebih lengkapnya.

1. Syarat membuat KTP

Beberapa persyaratan diperlukan sebagai proses pengajuan ke pihak yang diperlukan. Pastikan syarat dibawah ini terpenuhi. Berikut syarat membuat ktp elektronik :

  • Berusia lebih dari 17 Tahun
  • Membawa surat pengantar dari RT dan RW
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fokokopi Akta Kelahiran Asli

2. Prosedur pembuatan

Setelah anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan maka selanjutnya mengikuti proses pembuatannya. Berikut cara membuat ktp sendiri :

a. Datang ke kelurahan

Proses pertama yang harus anda ikuti yaitu datang langsung ke kekelurahan. DI kelurahan ini, sampaikan keperluan anda yaitu untuk meminta surat pengantar pembuatan KTP. Maka akan diarahkan pada bagiannya, setelah itu berikan berkas yang diperlukan.

b. Datang ke kecamatan

Setelah di kelurahan, lanjut ke kecamatan. Sama halnya seperti di kelurahan, sampaikan pula keperluan anda yaitu untuk membuat KTP. Berikan berkas yang memang digunakan untuk membuat KTP.

c. Menuju Disdukcapil setempat

Nah, agar prosesnya lebih cepat, anda bisa langsung menuju pada disdukcapil. Pada disduk capil, yang perlu dilakukan yaitu mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Jika anda berangkat terlalu siang maka dipastikan akan antri lama. Untuk itu, disarankan agar berangkat di disdukcapil pada pagi hari. Selanjutnya menupuk berkas dan menunggu giliran.

ruangan ktp

Saat sudah dipanggil, maka bergegaslah untuk masuk ke dalam ruangan yang diperlukan. Terdapat beberapa hal yang akan dilakukan antara lain :

  • Proses foto
  • Tanda tangan secara digital
  • Perekaman sidik jari anda
    alat membuat ktp
  • Scan retina mata

Pastikan untuk perekaman data yang dilakukan harus dengan benar. Jika terdapat salah maka harus diulangi sampai benar,tentunya membutuhkan banyak waktu.

d. Proses perlengkapan data

Berikutnya, anda akan dialihkan dalam ruangan yang dberisikan verifikasi mengenai data yang akan dijadikan KTP. Pastikan untuk melakukan pengecekan dengan benar dan sesuai pada data diri anda. Jika terdapat kesalahan maka harus dengan segera disampaikan agar dapat diperbaiki.

e. Menunggu jadi

Nah, seluruh proses telah selesai maka anda tinggal menunggu KTP jadi saja. Biasanya, untuk KTP baru memang cukup lama. Hal ini dikarenakan untuk blangko yang tersedia kerap kali habis. Namun, dipastikan dalam kurun waktu 2 minggu KTP sudah jadi dan dapat di ambil langsung pada disdukcapil. Pastikan untuk tidak menggulur-ulur dalam mengambil KTP anda.

Sangat mudah bukan cara membuat KTP? Untuk itu, jangan pernah menunda-nunda lagi proses pembuatan KTP. Pastikan untuk selalu mengikuti langkah langkah membuat ktp sesuai prosedurnya. Selamat mencoba !

0 Response to "Cara Membuat KTP Dengan Sangat Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel